//
you're reading...
Jantung dan Pembuluh Darah

Makanan dan Minuman Terbaik Untuk Kesehatan Jantung

Membatasi berapa banyak lemak jenuh pada makanan yang dikonsumsi adalah langkah yang paling penting untuk mengurangi kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit arteri koroner. Tingkat kolesterol darah yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang disebut aterosklerosis. Aterosklerosis dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Pilih jenis lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun atau minyak kanola. Lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, juga pilihan yang baik untuk diet jantung sehat.

Inilah Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Jantung

Rekomendasi Makanan Belemak
Menurut American Heart Association, lemak harus dikonsumsi dalam batas :
- Lemak jenuh (saturated fats) tidak boleh lebih dari 7% dari asupan kalori harian,
- Kolesterol, tidak boleh melebihi 300 mg/hari, dan
- Lemak trans (trans fats) tidak boleh lebih dari 1% dari asupan kalori harian Anda.

Omega 3

Ikan adalah alternatif yang baik sebagai pengganti daging yang tinggi lemak. Jenis ikan tertentu baik untuk kesehatan jantung karena kaya omega 3, yang dapat menurunkan lemak darah yang disebut trigliserida. Sumber tertinggi omega 3 terdapat pada ikan air dingin, seperti salmon, mackerel dan herring. Sumber-sumber lain adalah biji rami, kenari, kedelai dan minyak kanola.

Sayuran dan buah-buahan
Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral, mereka rendah kalori dan kaya serat makanan. Sayuran dan buah juga mengandung zat yang ditemukan dalam tanaman yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Biji-bijian
Karbohidrat juga merupakan bagian penting dalam diet. Jika karbohidrat yang tepat dipilih, maka akan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Seluruh jenis biji-bijian mengandung serat dalam jumlah tinggi. Seperti serat yang ditemukan dalam buah dan sayuran, kandungan serat dalam gandum utuh juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga membantu mencegah masalah kesehatan dan penyakit jantung. Biji-bijian merupakan sumber serat yang baik dan sumber nutrisi lainnya yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Karbohidrat

Kurangi garam
Makanan dengan kandungan natrium yang tinggi dapat berkontribusi menyebabkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko penyakit
kardiovaskular. Mengurangi natrium merupakan bagian penting dari diet jantung sehat.

Inilah Minuman Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Jus delima

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, kapasitas antioksidan jus delima tiga kali lipat lebih tinggi ketimbang anggur merah dan teh hijau. Konsumsi rutin jus buah delima dapat menurunkan kolesterol, mengurangi plak arteri faktor risiko untuk penyakit jantung, dan meningkatkan aliran darah ke jantung.
Jika memungkinkan, hindari tambahan pemanis saat membuat jus delima.

Anggur merah (red wine)

Anggur merah mengandung banyak senyawa yang dapat melindungi kesehatan jantung, termasuk di antaranya resveratrol. Resveratrol memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah di jantung serta membantu mencegah pembentukan penggumpalan darah. Beberapa bukti juga menunjukkan, konsumsi anggur merah dalam jumlah yang moderat dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik). Untuk perempuan, dianjurkan tidak lebih dari 1,5 gelas perhari. Sedangkan untuk pria, tidak lebih dari 2 gelas.

Teh hitam

Teh hitam dihasilkan melalui proses fermentasi setelah daun dipanen lalu dikeringkan. Pengolahan ini mengubah komposisi kimia dari daun, sehingga menghasilkan beberapa antioksidan kuat yang membantu mendukung kesehatan jantung. Teh hitam telah terbukti mengurangi risiko stroke, mengurangi LDL (kolesterol jahat), memperbaiki fungsi pembuluh darah, dan meningkatkan aliran darah dalam arteri koroner.

Semakin lama mencelupkan teh, maka semakin besar manfaat fitokimia yang diperoleh. Oleh karena itu, menyajikan teh dengan air panas akan jauh lebih baik sekaligus menjaga kandungan antioksidan tetap terjaga. Minum beberapa cangkir teh hitam setiap hari dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Teh hijau

Teh hijau juga mengandung banyak antioksidan yang baik untuk jantung. Perbedaan utamanya adalah bahwa teh hijau tidak difermentasi. Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa minum teh hijau dalam jumlah yang banyak dapat mencegah resiko penyakit arteri koroner. Ada banyak penelitian yang menghubungkan konsumsi teh hijau dengan kolesterol rendah, pencegahan pembekuan darah dan stroke. Sebaiknya minum 1-3 cangkir teh hijau sehari.

Air

Dehidrasi dapat berkontribusi pada beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung koroner, termasuk darah kental. Ketika Anda sedang mengalami dehidrasi, darah akan menjadi lebih kental. Kondisi ini membuat hati mengeluarkan lebih banyak energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bahkan, dehidrasi kronis dapat menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Kopi

Kopi memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi ketimbang kakao atau teh? Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dapat menghambat peradangan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah studi jangka panjang dan berskala besar, di mana melibatkan lebih dari 83.000 perempuan menunjukkan bahwa minum 2 cangkir kopi setiap hari dapat memangkas risiko terkena stroke 20 persen lebih rendah ketimbang mereka yang sedikit minum kopi atau tidak sama sekali. Meminum antara 2 hingga 4 cangkir kopi per hari termasuk kategori moderat. Tetapi jika mengalami insomnia, gelisah dan kelelahan, cukup minum satu gelas saja. Tetapi bagi penderita hipersensitif saluran cerna sebaiknya menghindari kopi.

Sumber : kompas dan berbagai sumber kainnya

Supported  by

Koran Indonesia Sehat Yudhasmara Foundation

JL Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat Phone :62 (021) 70081995 – 5703646   

Clinical and Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto SpA, pediatrician.  email : judarwanto@gmail.com,            

For Free Newsletter join with this twitter :     https://twitter.com/WidoJudarwanto                                                                                                 

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider. 

Copyright © 2011, Koran Indonesia Sehat Information Education Network. All rights reserved

About these ads

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MEDIA INDONESIA SEHAT

Indeks Artikel

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.